Layan Antar

Hemat dan Praktis, Produk Langsung Ke Tempat Anda
Hubungi: 021-73888872

Kamis, 28 Mei 2009

Gaya Hidup Organik

Gaya Hidup Organik

Apa yang dimaksud dengan gaya hidup organik? Gaya hidup organik adalah pola hidup mengkonsumsi makanan dan minuman yang yang tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti zat perasa, zat pengawet, zat pemanis, zat pewarna dan zat kimia tambahan lainnya dalam makanan.

Dalam situs indofamilyhealth.com, gaya hidup seperti ini termasuk tidak mengkonsumsi pangan makanan yang diproduksi dengan menggunakan bantuan bahan kimia seperti pupuk dan hormon sintetis, serta pestisida, baik sebelum maupun sesudah panen.

Pestisida juga memusnahkan mikroba penghasil enzim-enzim vitamin yang dibutuhkan tanaman. Pada tanaman organik, pupuknya terbuat dari kotoran ternak dan limbah hasil pertanian. Dan untuk mengenyahkan hama tanaman, digunakan predator spesies binatang.

Bebuahan dan sayuran yang sering terpapar oleh pestisida atau nonorganik yang dikonsumsi oleh manusia, dapat memperbesar risiko kanker, gangguan pada fungsi otak, mutasi gen, dan gangguan kesuburan khususnya produksi sperma.

Selain itu, karena proses produksi makanan organik tidak melibatkan unsur kimiawi, walhasil, kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi tanaman organik, jauh lebih tinggi ketimbang tanaman konvensional.

Hasil penelitian juga menunjukkan, kandungan mineral, kalsium, fosfor, dan magnesium pada kubis, selada, tomat, dan tanaman lain yang diproduksi secara organik jauh lebih tinggi.

Tomat organik misalnya, kandungan kalsiumnya hingga 23 mg, sedangkan tomat non-organik hanya mengandung 5 mg kalsium. Apalagi, kadar antioksidan dalam pangan organik jauh lebih tinggi 30 persen dibandingkan pangan nonorganik.

Faktor yang memicu tingginya kandungan nutrisi pada pangan organik, karena radiasi yang dialami produk nonorganik. Produk nonorganik memanfaatkan sinar radiasi untuk membasmi kuman, menghancurkan bakteri, dan agar awet. Di lain pihak, radiasi ini menghancurkan beberapa komponen molekul kimia, dan mengubahnya menjadi radikal bebas.

Sayuran yang diradiasi, kandungan vitamin A, B kompleks, C, E, dan K, berkurang hingga 80 persen. Pangan organik tidak membutuhkan bantuan bahan kimia untuk diawetkan. Sebab, tanah yang untuk ditanami oleh pangan organik, lebih subur. Ini mempengaruhi kadar nutrisi dalam tanaman organik dan membuatnya lebih awet.

Manfaat lain dari mengkonsumsi pangan organik, yakni untuk detoksifikasi. Pangan organik mengandung pelbagai zat untuk membantu membersihkan darah, membuang racun yang menumpuk dalam sel, dan meregenerasi sel-sel baru.

Ibu yang menkonsumsi pangan organik, di masa kehamilan, akan menurunkan resiko melahirkan bayi cacat. Karena, sayuran dan bebuahan organik banyak mengandung asam folat, yang berperan membentuk kerangka otak dalam janin. Kekurangan asam folat, menyebabkan ubun-ubun janin menjadi lembek dan tengkorak otak tidak tertutup rapat-rapat. Sebab itu, jangan jadikan gaya hidup organik sebagai sekadar tren, alias pola hidup yang hanya diterapkan sesaat kemudian lekang oleh waktu.

Bisnis Organik dan Konsultasi Kesehatan dan Kecantikan
Tips Hidup Sehat melilea
021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar